Mengenal Literasi melalui Membaca

Posted on

Mengenal literasi melalui membaca

Buku adalah jendela dunia. Kalimat tersebut sering kita dengar saat berbicara tentang literasi. Begitu juga dengan membaca, yang merupakan salah satu dari bentuk literasi itu sendiri. Membaca juga merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan membaca, manusia akan mengetahui lebih jauh tentang berbagai ilmu pengetahuan. Sehingga membaca memegang peran yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Kalau kita kembali menilik kisah hidup para pahlawan maupun ilmuwan, mereka tak akan lepas dari membaca. BJ Habibi memiliki perpustakaan pribadi dengan jumlah lebih dari 5.000 buku, dan kebiasaan beliau adalah membaca selama 7,5jam perhari. Subhanallah..

Jika kita tarik pada anak-anak jaman sekarang, yang notabene mereka merupakan generasi penerus bangsa, apakah mereka memiliki kegilaan membaca yang sama dengan BJ Habibi?? Tidak. Bahkan sangat jauh dari kebiasaan yang baik ini. Mereka lebih suka dengan HP dengan segala printilannya.

Berangkat dari minimnya minat baca anak-anak sekolah saat ini, yang mana mereka lebih memilih untuk bermain game dan semacamnya, maka SDTQ Al Abidin membuat taman baca/pojok baca disetiap kelas, mulai dari kelas 1-5.

Pojok baca ini dibuat senyaman mungkin agar anak-anak senang berlama-lama bersama buku. Ada yang disetting seperti taman, ada yang seperti rumah, ada yang simple, ada yang rame. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara yang digulirkan oleh sekolah agar anak-anak kembali gemar membaca.

Harapan dari pembuatan pojok baca ini adalah anak-anak tidak hanya gemar membaca, tapi juga senang berbagi ilmu dari apa yang mereka baca. Sehingga percakapan mereka bukan lagi tentang jenis game, level permainan, poin dan bonus dari game. Namun, berganti dengan bagimana proses pernafasan, hewan ini dan itu, daerah ini dan itu dan yang lain sebagainya.

Dan inilah beberapa pojok baca yang ada di SDTQ Al Abidin :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *